21 Januari 2012

Siapakah Engkau?

Seorang pencari hakikat sakit keras dan berada dalam kondisi seperti sakaratulmaut menghadapi ajalnya. Tiba-tiba, entah mimpi atau bukan, dia merasa dibawa ke sebuah ruang bertabur cahaya dan berdiri di muka Tahta Pengadilan.

"Siapa engkau?" kata suara kepadanya. "Aku ini ayah empat orang anak."


"Aku tidak bertanya, engkau ayahnya siapa, tetapi siapa engkau itu?"


"Aku ini guru di sekolah."


"Aku tidak menanyakan pekerjaanmu, tetapi siapa engkau itu."



Dan demikianlah seterusnya. Tidak peduli apa yang menjadi jawabannya, rupanya itu bukan jawaban yang memuaskan terhadap pertanyaan: "Engkau itu siapa?"

"Aku ini seorang muslim."

"Aku tidak menanyakan agamamu, tetapi engkau itu siapa."

"Aku ini seseorang, yang tiap hari pergi ke masjid dan selalu membantu orang miskin dan orang dalam kesulitan."

"Aku tidak menanyakan perbuatanmu, tetapi siapa engkau itu."

Ia jelas gagal menjawab pertanyaan-pertanyaan, kemudian dikirim kembali ke dunia, sembuh dari sakitnya.

Ia pun berniat menemukan siapa dirinya. Dan itulah yang membuat sikap hidupnya berbeda sama sekali.

Akhirnya dia menemukan siapa dirinya: bukan siapa-siapa, hanya seorang hamba di antara hamba-hamba Yang Maha Segalanya.


sumber: facebook @SufiWay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar